Rz
Maret 13, 2015

cara memasang komentar Disqus di blog

Beberapa hari ini saya menggunakan kotak komentar Disqus (untuk sementara)
karena ingin tahu langsung bagaimana rasa menggunakan kotak komentar tersebut dan sekaligus ingin membuat tutorial memasang serta sedikit ulasan kelebihan dan kekurangan yang semuanya berdasarkan pengalaman. Sejujurnya, kotak komentar tersebut luar biasa fiturnya...ditambah lagi kemudahan memasangnya menjadi keistimewaan tersendiri, karena proses pendaftaran hingga pemasangan hanya membutuhkan beberapa menit (3-5 menit).
cara memasang komentar  Disqus di blog
Sebelum kita membahas cara memasangnya MAKNYUSblogger Akan memaparkan kelebihan dan Kekuranag kotak komentar Disqus.

Untuk kelebihan kotak komentar Disqus sbb:
* Memiliki fitur like dan dislike (seperti facebook)
* Real-time discussion mode..., teman-teman bisa chat dengan orang yang sedang ada di halaman komentar tersebut (ketika dia masih ON) dengan menggunakan tag @, ex: @M.  dan bahkan ada notifikasi orang yang sedang kita ajak chat bahwa ia sedang menulis balasan ke komentar kita.
* Anti-spam, alias nggak ada spam di disqus (walaupun ada, itu sedikit sekali...karena harus dilakukan secara manual. Jarang sekali ada spammer yang ingin berlama-lama menghabiskan waktu untuk menyebarkan pesan spam mereka)
* Easy moderation. Memoderasi komentar2 yang masuk sangat gampang sekali.
* Bisa dipasang di web yang berbasis apa pun (termasuk blogger).
* Proses integrasi dengan web hanya membutuhkan 2-3 menit; Tinggal klik dan klik.
* Menjadi solusi tepat untuk meminimalisir unrelated link yang masuk di komentar kita serta meminimalisir inbound link, di mana para master SEO bilang jika kedua hal tersebut banyak terdapat di blog kita (apa lagi di halaman post) maka SEO blog kita akan kurang bagus
* Kotak komentar Disqus tidak SEO friendly (kecuali yang terintegrasi di web wordpress), so nggak masalah jika ada pengunjung yang memposting link mereka di kotak komentar.
* Dan sebagainya...(masih banyak euy, monggo di explore sendiri)

Untuk kekurangan kotak komentar Disqus sbb:
* Komentar lama blogger yang telah ada di blog kita tidak terhitung dalam kotak komentar disqus (gak hilang lho, cuma nggak dimunculkan), walaupun disqus sendiri telah memiliki fitur yang bernama impor (import comments from blogger)
* Setiap kali pengunjung melakukan komentar, maka tidak ada pageviews yang bertambah. Hal ini bertolak belakang dengan kotak komentar bawaan Blogger. Setiap kali pengunjung meninggalkan komentar, maka ada pageviews yang bertambah (pageviews juga penting lho buat alexa, hehe).
* Dsb

Cara memasang kotak komentar Disqus sbb:

1. silahkan anda kunjungi https://disqus.com/
2. Klik Add Disqus to Your Site
3.Isi data semua yang diperlukan
4. Klik Tombol finish registration5. Di Choose your platform Pilih Blogger
cara memasang komentar  Disqus di blog
6. Klik tombol "add....to my blogger site"
7. Jika sobat memiliki lebih dari satu blog dalam satu dasbor, silahkan untuk mengklik pilihan pada "select a blog...". Dan pilih blog yang dijadikan target untuk memasang disqus :)
Klik "add widget" => Selesai!

 Nah sekarang kota komentar  Disqus telah terpasang di blog anda
Semoga bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel tentang - cara memasang komentar Disqus di blog. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar