Rz
Juli 24, 2012

2 Cara Memasang dan Membuat Scroll pada Label / Kategori Blog

2 Cara Memasang dan Membuat Scroll pada Label / Kategori Blog 2 Cara Membuat Dan Memasang Scroll Pada Label Kategori Blog - Setelah sekian lama Maknyusblogger tidak pernah update posting, Kali ini saya akan share posting dan berbagi trik yang ringan tentang Cara Membuat Dan Memasang Scroll Pada Label Categori Blog.



 Mungkin jika sobat ingin blognya kelihatan rapi dan bersih, Maka sobat bisa menggunakan trik yang akan Maknyusblogger share ini. Karena fungsi dari memasang scroll adalah untuk menyingkat pada bagian widget maupun gadget agar kelihatan rapi dan enak di pandang. Intinya tampilan blog kita jadi simpel, karena biasanya kalau label atau kategori di blog kita sangat banyak maka akan memakan banyak tempat di template blog kita. Jadi kita bisa memasang scroll pada label atau kategori blog, agar tampilan blog kita jadi menarik dan singkat.


 Seperti contohnya sobat bisa lihat di blog Maknyusblogger ini, Pada bagian Label atau kategori di samping (Sidebar) sudah saya pasang scroll. Kelihatan sangat simpel kan sobat??? Namun tetap bisa menampilkan semua label atau kategori, Karena dengan adanya scroll.

Jika sobat tertarik ingin Membuat Dan Memasang Scroll Pada Label Kategori Blog, Silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:



1. Silahkan sobat >>"Masuk/Login" ke Blog sobat.

2. Pilih >> Menu >> "Template" >> "Edit Html" >> Lanjutkan >> Jangan lupa sobat Centang kotak kecil "Expand Template Widget

Cara yang pertama Cara Memasang dan Membuat Scroll pada Label / Kategori Blog :
1. Login Ke blogger.
2. Klik Tata Letak.
3. Klik Edit HTML.
4. Selanjutnya cari kode <div expr:class='&quot;widget-content &quot; + data:display + &quot;-label-widget-content&quot;'> (gunakan Control F) agar lebih cepat.
5. Kemudian Copy dan paste Kode di bawah ini Tepat dibawahnya kode di atas.
<div style='overflow:auto; width:ancho; height:200px;'>
6. Selanjutnya cari kode dibawah ini </b:includable>.
7. Bila sudah ketemu Copy dan pasti kode dibawah ini tepat diatasnya.
</div>
8. Lalu klik simpan teMplate.
NB : Bila kode diatas tidak ketemu di blog sobat silakan cari kode <div class='widget-content'>.

KETERANGAN:
                                cara no 2
  • No 1 adalah pencarian cepat menggunakan CTRL + F. Jika sobat sudah sampai pada >> Menu >> Template >> centang Expand Template Widget, Maka gunakan CTRL + F , dan isikan  ]]></b:skin> pada kotak seperti gambar no 1 diatas, guna untuk mempercepat pencarian.
  • No 2 adalah letak kode  pada kode Html template sobat.
  • No 3 adalah kode Scroll yang akan kita tambahkan.
4. Langkah yang selanjutnya silahkan sobat Copy/salin semua Kode Html di bawah ini dan Paste/tempel tepat diatas/sebelum Kode  ]]></b:skin>

#Label1 .widget-content{
height:200px;
width:auto;
overflow:auto;}

CATATAN:
  • height:200px; adalah Nilai Tinggi Kotak Scroll, Silahkan sobat ganti seperti keinginan sobat.
  • #Label1 adalah Id Html Gadget blog sobat. tidak perlu diganti.
5. Langkah yang terakhir jangan lupa sobat klik >> "Pratinjau" untuk menghindari kesalahan waktu Edit Html Template sobat.
Jika hasilnya sudah seperti yang sobat inginkan, Silahkan sobat klik >> "Save/Simpan Template".

Sampai di sini mungkin sobat sudah mengerti Cara Membuat Dan Memasang Scroll Pada Label Kategori Blog, Jika sobat belum jelas, silahkan bertanya. Dan
Maknyusblogger akan menjelaskanya secara detail.
Semoga tutorial blog yang ringan ini bisa sangat bermanfaat bagi sobat semua.

Anda baru saja membaca artikel tentang - 2 Cara Memasang dan Membuat Scroll pada Label / Kategori Blog . Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar