Rz
Oktober 16, 2013

Cara Merubah Ukuran Lebar Template Blogger

Halo SOBAT.. biasanya kita perlu merubah template kita untuk keperluan blog atau website kita. Misalnya, sekarang google adsense meluncurkan unit iklan baru dengan ukuran 970x90. Maka sudah pasti kita harus melebarkan template kita agar bisa memasang iklan tersebut di bawah header. Karena pada umumnya ukuran template yang standar adalah 900px atau 930px saja.

Seperti yang saya alami ini, saya baru saja melebarkan ukuran template blog kita ini. Template hasil karya Mak Nyus yang saya gunakan ini telah mengalami beberapa modifikasi untuk menyesuaikan perkembangan website di internet.
Cara Merubah Ukuran Lebar Template Blogger
Secara umum semua template memiliki teknik yang sama, hanya saja ada sedikit perbedaan di beberapa opsi. Oleh karena itu dalam tips trik merubah ukuran lebar template ini saya menyampaikan cara yang paling mudah dengan mengedit sumber HTML. Namun jika juragan menggunakan template bawaan blogger tidak perlu edit HTML, tapi cukup mengatur layout yang ada di dasbor blogger saja.

Nah, sekarang kita mulai tentang cara merubah ukuran lebar template dari luar dengan mengedit sumber HTML template. Jika ada sobat yang belum tahu tentang cara mengedit template blogger versi terbaru ini, silakan baca di bawah ini dulu.

Sekarang Kita Mulai caranya:
1. Langsung menuju dasbor>> template >> edit HTML. Kemudian cari kode seperti di bawah ini

#header-wrapper {

Di deretan bawah kode tersebut ada kode ukuran lebar template seperti ini

height:119px;
width:900px;

Note: "width" adalah ukuran lebar. Gantilah ukuran lebar 900px tersebut sesuai dengan keinginan anda, misalnya 970px.

Selanjutnya anda harus merubah semua ukuran 900px yang ada di sumber HTML template tersebut menjadi 970 semua. Caranya, ketik Ctrl+F, lalu masukkan angka 900 dan klik enter. Jika anda sudah tidak menemukan angka 900 berarti sudah oke.

2. Sekarang lebar template telah berubah, maka langkah berikutnya adalah merubah ukuran lebar halaman postingan dan lebar sidebar agar sesuai dengan lebar template keseluruhan. Tapi sebaiknya anda hanya merubah lebar sidebar saja. Karena jika anda juga merubah lebar halaman postingan, maka penampilan artikel juga akan berubah semuanya.

Namun semua itu tergantung keperluan anda, jadi anda juga bisa merubah keduanya dengan cara membagi dua antara lebar halaman posting dengan lebar sidebar. Atau anda hanya melebarkan area postingan saja, sedangkan lebar sidebar tetap.

  • Jika ingin merubah lebar halaman postingan saja cari kode berikut ini;

#main-wrapper {

Dibawahnya ada kode seperti ini

width:507px;

Ganti semua angka 507 dengan ukuran anda agar sesuai dengan lebar template yang anda rubah tadi.

  • Jika ingin merubah lebar sidebar saja cari kode berikut ini;

#sidebar-wrapper {

Dibawahnya ada kode seperti ini

width:362px;

Ganti semua angka 362 dengan ukuran anda agar sesuai dengan lebar template yang anda rubah tadi. 
  • Jika anda ingin merubah lebar body templatte
#wrapper { background:#f9f9f9; width:100%; max-width:764px; margin:2px auto; padding:5px; box-shadow: 0px 0px 5px rgba(80, 80, 80, 0.1); overflow:hidden; }
3. Klik Simpan Template. Selesai dan lihat hasilnya.

NOTE: Jika anda ingin mengembalikan ukuran seperti semula lagi, silakan ganti lagi semua angka yang anda rubah tadi seperti semula.

Begitulah, terima kasih.
Anda baru saja membaca artikel tentang - Cara Merubah Ukuran Lebar Template Blogger. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar