Rz
September 26, 2013

Menambah Channel pada Radio Control QD.Mobil Remot

Menambah Channel pada Radio Control QD.Mobil Remot
Sering kali kita mendapatkan masalah saat memainkan RC-QD kita secara bersamaan. Salah satu dari kita harus mengalah dan bermain secara bergantian, karena frekuwensi radio controlnya sama. Sehingga tidak bisa main bersama.

Pada artikel ini saya mencoba menawarkan sebuah solusi untuk mensiasati hal tersebut dengan sedikit hasil "uthak-athik" mainan ini.
Disini saya tidak memindahkan atau menggeser frequensi / gelombang pancaran-terima yang digunakan (Carrier). Biasanya  tertera pada unit remot 27, 33. 35, 40 atau 49 MHz. Frekwensi ini akan tetap bekerja seperti semula. (tidak bergeser ke frekwensi lain). Yang  saya ubah hanyalah frekwensi dari gelombang code perintahnya saja, bukan gelombang pembawa (Carrier)

Pada IC TX maupun RX terdapat pin Osc IN dan Osc OUT.
Kedua pin tersebut dihubungkan dengan satu resistor external. Nilai resistor ini yang  menentukan besarnya frekuensi dari kode perintah.
Yang umum digunakan adalah 128 KHz. Frekuensi inilah yang saya ubah.
Intinya merubah nilai resistor yang telah terpasang dengan nilai dibawah atau diatasnya. Langsung saja pada upgrade yang saya lakukan

Tidak usah saya berbelit-belit dengan urusan perhitungan matematis… pusing… urusan perhitungan matematis adalah urusan para penyandang gelar sarjana, insinyur elektronika… saya hanya seorang praktisi saja..hehehe…

Pada remote control consule (TX) :
Perhatikan nomer kaki IC (TX) pin IC 11 dan  12

Pada rangkaian Penerima (RX) :
Perhatikan nomer kaki IC (RX) pada pin 4 dan 5


Buat rangkaian sederhana dibawah ini :
R1= 75KOhm
R2= 120KOhm
R3= 150KOhm

Rangkaian tambahan pada pemancar dan penerima adalah SAMA

Pasangkan  ramgkaian diatas pada remote control unit [pengendali] pada Pin IC 11 dan  12
[ lepaskan resistor yang ada pada Pin IC 11 dan 12 terlebih dahulu ]
Pasangkan  pada remote penerima pada Pin 4 dan 5

TX - PEMANCAR

Pasangkan  pada remote penerima pada Pin 4 dan 5
[ lepaskan resistor yang ada pada Pin IC 4 dan 5 terlebih dahulu ]

RX- PENERIMA

Pada modifikasi yang saya lakukan, pemancar maupun penerima saya buat nilai R-nya sama meskipun pada rangkaian aslinya tidak sama. Namun masih bisa bekerja dengan baik. Anda bisa mencoba dengan besaran nilai resistor yang berbeda

Dengan demikian anda sudah mempunyai 3 channel pada satu frekwensi.
Dan jika dipasang pada remote 40MHz. maka anda sudah mempunyai 40A, 40B, 40C
Hasil modifikasi ini sudah bisa dijadikan solusi untuk bermain bersama ( bertiga ) dengan menggunakan frekuensi yang sama. Misalkan menggunakan remote 40MHz dengan seting Car1 menggunakan seting 40A (posisi switch A) dan Car2 menggunakan 40B (posisi switch B), Car 3 menggunakan seting 40C (posisi switch C)atau sebaliknya


Karena kurang ahlinya saya untuk menjelaskan secara tertulis, seandainya terdapat kesalahan akan diperbaiki kemudian hari,  kalau ada yang kurang dimengerti tinggalkan pesan pada komentar… dan jika anda punya cara yang lebih baik menurut anda silakan di ”share” diblog ini.

WARNING..
Artikel ini adalah catatan dari percobaan yang saya lakukan, Sangat diharapkan pengamatan lebih lanjut. apakah terjadi perubahan Jarak Jangkau.??? karena hingga artikel ini dipublikasikan saya belum sempat melakukan pengamatan pada jarak lebih dari 15 meter.
Selamat mencoba…………

Mohon Maaf bagi yang membutuhkan contact person belum bisa saya sediakan ...
( haree genee nggaak punya haappee.....!!! - itulah saya, apa adanya... hehehe..... )
maknyusblogger.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel tentang - Menambah Channel pada Radio Control QD.Mobil Remot. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya sdh coba ganti ukuran resistornya... dan ternyata berhasil...
Sekarang 2 mobil RC dengan dengan RC yang berbeda... tapi ada 1 kelemahannya..
Yaitu keduanya tetap tidak bisa dimainkan bersamaan... krn dengan frekwensi RC yang sama, meskipun beda kode, maka pada saat dinyalakan bersamaan, hanya salah 1 RC yg berespon... alias tabrakan frekwensi..

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya sangat membantu
salam Aqiqah Jogja

Posting Komentar