Rz
Agustus 11, 2015

Membuat tombol minimize , maximize dan close pada delphi

Membuat tombol minimize, maximize dan close pada delphi - Untuk cara membuat tombol minimize, maximize dan close bisa dibilang gampang-gampang susah yang penting kita tau tata letaknya yang perlu dikasih coding untuk tutorialnya mari kita liat tahap demi tahap tutorialnya berikut ini :
  1. Kita buka Delphi di komputer anda masing masing
  2. Pada form1 kita klik 1 kali >> Ke tab >> Events >> kita pilih >>OnMouseDown >> Klik 2 kali  lalu lita isikan coding berikut ini tepat di bawah >> begin.                                                                                         ReleaseCapture;                                                                              Perform(WM_SYSCOMMAND, $F012, 0);                                                                                  Seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :
    Membuat tombol minimize , maximize dan close pada delphi
  3. Kita menuju Form 1 lagi Ke tab >> Events >> kita Pilih >> OnCreate >> klik 2 kali kita tambahkan Coding berikut ini :                                                                                                                             form1.BorderStyle:=bsnone;                                                                                                                   Seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :
  4.  Kita bikin 3 Button Seperti gambar berikut ini :
  5. Diantara ketiga button Tersebut Kita isi Captions >> minimize , maximize / close                               Seperti gambar berikut ini :
  6. Untuk selanjutnya Klik 2 kali pada Button1 / tombol >>> Minimize >> kita kasih Coding Berikut Ini tepat di bawah begin :                                                                                                              windowstate:=wsminimized;                                                                                                               Seperti pada gambar berikut ini :
  7. Untuk slanjutnya Klik 2 kali pada Button 2 / maximize >> Kita kasih Coding berikut ini tepat di bawah begin >                                                                                          windowstate:=wsmaximized;     
  8. Untuk Button 3 /tombol Close masih sama klik 2 kali >> kita tambahkan coding beriut tepat di bawah begin >>                                                                                                                                            Close;                                                                                                                                              Dan liahat hasilnya >>> 
Rampung sudah Tutorial membuat tombol minimize, maximize dan close pada delphi mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan keluarga :)
Anda baru saja membaca artikel tentang - Membuat tombol minimize , maximize dan close pada delphi. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar