Rz
April 30, 2015

Cara memasang iklan di wordpress

Malam sobat Kali ini MAKNYUSblogger akan coba berbagi trik Cara memasang iklan pada wordpres, Posisi terbaik Untuk memasang Adsense di Wordpres berdasarkan panduan google dan cara menampilkanya  secara lengkap dan efisien.

Maknyusblogger asumsikan sebelumnya anda sudah memiliki akun adsense yang telah di setujui oleh pihak google. Selain itu Menggangap anda sudah tahu cara membuat unit-unit iklan yang mendapatkan kode iklan yang di butuhkan. Jadi Maknyusblogger tidak akan membahas itu semua.

Pada dasarnya untuk menampilkan iklan Adsense Pada Wordpres, yang perlu anda lakukan adalah cukup mengopas kode iklan yang bersangkutan ke blog anda, Akan tetapi untuk memasangnya di loksi yang kita inginkan di perlukan beberapa tehnik, mulai dari menggunakan widget hingga melakukan perubahan koding pada beberapa file tema.

PERINGATAN :
Sebelumnya perlu anda ketahui , bahwa memasang iklan adsense di Wordpress gratisan itu tidak bisa.
Dokumentasi lengkap mengenai hal itu dapat anda baca >>> di sini.
Kutipanya adalah sebagai berikut :
While most affiliate links are allowed on WordPress.com, we do not allow banner image ads or third-party advertising networks like Google AdSense, OpenX, Lijit, BuySellAds, and Vibrant Media.
Meskipun sebagian besar tautan afiliat diizinkan di WordPress.com, namun kami tidak mengizinkan iklan banner bergambar atau jaringan iklan pihak ketiga seperti Google Adsense, OpenX, Lijit, BuySellAds, dan Vibrant Media.
Oleh karena itu blog wordpres harus memiliki hosting dan domain sendiri. Jika anda lebih percaya keandalan hosting luar negri dibandingkan lokal ada dua hosting yang bisa anda pakai yaitu : Bluehost dan Hostgator.
Apabila hendak menggunakan hosting lokal anda bisa mencoba rumahweb.com.

Kemudian agar anda bisa mengikuti tutorial ini dengan baik anda hrus sudah :
  • Mengenal Adsense dan mengerti cara menghasilkan kode iklan yang hendak di tampilkan.
  • Mengenal menu dan antar muka Wordpress dan Cpanel.
  • Mengenal PHP dan HTML dasar.
Lokasi iklan adsense Terbaik
Tidak dapat di pungkiri bahwa penempatan iklan adsense yang baik adalah salahsatu faktor untuk meningkatkan CRT (Click Through Rate) atau terjemahan indonya RKT (Rasio Klik Tayang) RKT adalah presntase klik dari total iklan yang di tayangkan.
Menemukan posisi yang terbaik akan memerlukan banyak eksperimen dan waktu. Bila anda masih baru, Panduan praktik terbaik dari Google dapat membantu untuk Start lebih cepat. Panduan tersebut memberikan saran lokasi dan jenis iklan untuk setiap jenis situs yang berbeda. Secara detail dapat anda lihat di sini >>> situs berita , situs iklan , situs game , forum , blog , situs olahraga , situs wisata ,
Kebetulan saat ini Kita Sedang membahas blog Wordpress, Maka maknyusblogger akan menggunakan panduan Google untuk blog. Ada dua laman yang akan kita bahas di sini yaitu :
  • Laman beranbda >>> Laman tempat kita melihat daftar artikel secara ringkas
  • Laman artikel >>> Laman tempat kita membaca sebuah artikel secara keseluruhan.
1. Laman beranda
Anda dapat melihat pada gambar di bawah ini ada dua macam tata letak blog secara garis besar.
Perbedaan hanya terletak pada posisi sidebar di sebelah kanan atau kiri. Dalam kontek penempatan iklan kita menyortir dua seksi yaitu, seksi daftar artikel dan seksi sidebar.
Cara memasng iklan di wordpress
                    Laman Beranda 1.                                         Laman beranda 2.
Ada beberapa jenis laman beranda kita bagi menjadi 4 jenis yaitu:
  1. Laman depan >>> Laman depan dari situs kita atau laman pada saat kita Klik HOME/beranda.
  2. Laman kategori >>> Laman saat kita mengeklik navigasi berdasarkan kategori blog
  3. Laman archive >>> Laman saat kita mengeklik kumpulan artikel berdasarkan bulan.
  4. Laman pencarian >>> Laman berisi hasil pencarian.
Ada 4 file yang mengatur masing-masing laman , yaitu :
  1. index.php (laman depan)
  2. category.php (laman kategori)
  3. archive.php (laman archive)
  4. search.php (laman  hasil pencarian)
Ke empatnya dapat anda temukan di folder tema Wordpress anda, yaitu : wp-countent/themes/nama-tema.
1.1. Penempatan iklan di seksi daftar artikel
Untuk menampilkan Adsense pada ke empat laman yang di sebutkan di atas anda perlu mengedit kode dari ke empat filenya. Saya sarankan agar anda menggunakan tema anak agarfile asli tetap aman dan pada saat pembaruan tema fille anda tidak hilang.
Untuk mengakses file bersangkuta, anda bisa masuk melalui Cpanel-File Manager, atau bisa anda edit melalui laman admin WP - Appearance > Editor.
Apabila andsa enggan berurusan dengan kode, mungkin anda bisa mencoba plugin : Google Publisher Plugin (beta) Plugin ini masi dalam tahap beta dan sayangnya tidak semua tema Wordpres dapat bekerja dengan baik bersama plugin ini.
Pada dasarnay cara kerja plugin ini akan memindai tema anda dan secara otomatis menawarkan tempat-tempat yang bisa di pasangkan iklan adsense, kemudian anda tinggal memilih lokasi yang di sediakan saja.
Oky kita lanjut Walaupun ngantuk, Bila kita lihat panduan yang di berikan Googeldi bawah ini, iklan adsense di seksi daftar artikel ada yang di letakan di atas artikel pertama dan ada yang di atas artikal pertama dan ke tiga. Masing masing memerlukan cara yang agak berbeda .
                        Adsense di atas artikel pertama             Adsense di atas artikel pertama dan ke tiga

1.1.1. Iklan Adsense di Atas artikel pertam
Ingat untuk melakukan ini ke empat file : index.php, category,php,archive.php dan search.php harus di edit kodenya Cara pengeditan setiap file sama saja, ada satu contoh, dan anda bisa mengedit file lainya.
Tahap 1. cari tulisan seperti ini
1
2
<?php
    if ( have_posts() )
Tahap 2. Kopaslah kode Adsense di atasnya.
1
2
3
Masukkan kode iklan Adsense disini
<?php
    if ( have_posts() )
 Tahap 3. Selesai Mudah bukan ?
 1.1.2. Iklan Adsense di atas artikel ke dua
Untuk melakukan iklan Adsense di atas artikel pertama dan ke tiga, ini memerlukan sedikit pemograman PHP sederhana.
Tahap 1. Cari :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
<?php
    if ( have_posts() ) :
       while ( have_posts() ) :
          the_post();
          get_template_part( 'post-templates/content' );
       endwhile;
    else :
       get_template_part( 'post-templates/content', 'no-articles' );
    endif;
?>
 Tahap 2. Kopas dan masikan kode yang di tebalkan di bawah ini dan perhatikan tempat untuk memasukan kode Adsensenya :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
<?php
    if ( have_posts() ) :
       while ( have_posts() ) :
              $a=$a+1;
              if ($a==1):
?>
                  Masukkan kode iklan Adsense pertama disini
<?php
              elseif ($a==3):
?>
                  Masukkan kode iklan Adsense kedua disini
<?php
               endif;
          the_post();
              get_template_part( 'post-templates/content' );
          endwhile;
          else :
              get_template_part( 'post-templates/content', 'no-articles' );
          endif;
?>
Tahap 3. Selesai.
1.2. Penempatan iklan di seksi sidebar
Menempatkan iklan si sidebar dari laman beranda sangatlah mudah. yang di perlukan hanya lah menggunakan widget text, dan mengopas iklan Adsensenya.
 2. Laman artikel
Ini adalah laman tempa kita membaca sebuah artikel secara lengkap, Dari gambar di bawah ini kita bisa lihat tata letak laman artikel tidak berbeda jauh dari laman beranda ada seksi artikel dan ada seksi sidebar di kanan atau kiri.
                                    Laman artikel 1.                                          Laman artikel 2.
2.1. Penempatan iklan di seksi artikel
Selanjutnya adalah bagaimana menayangkan iklan Adsense di dalam artikel . Untuk melakukan hal ini anda perlu Menggukan plugin Ad Injection Meskipun plugin ini sudah lama tidak di perbarui lagi oleh pengembangnya, tetapi sampai denagan WordPress versi 3.9.2 plugin ini masih bisa bekerja dengan baik.
Plugin Ad Injection sebenarnya sangat powerfull, oleh karena besarnya kemampuan mengatur penempatan penayangan iklan di artikel. Kekuranganya adalah antar mukanya rumit, Jadi anda akan perlu waktu untuk memahaminya.
Akan tetapi jangfan khawatir saya akan tunjukan pengaturanya langkah demi langkah agar iklan dapat tayang sesuai panduan Google.
Sekarang saya asumsikan anda sudah menginstal dan mengaktifkan plugin Ad Injektion. Untuk tutorial inisaya akan memberi contoh untuk menayangkan iklan adsense di paragraf pertama dan di akhir artikel.
  1. Masuk ke halaman pengaturan Ad Injection, klik menu samping. Setting >> Ad Injection.
  2. Cari seksi Adverts. Masukan kode Adsense ke kotak yang bertuliskan Top Ad. Bagian ini di perlukan untuk pengaturan iklan di bagian atas artikel. Untuk menayangkan iklaan rata kiri pilihan Alignment: float left; jika rata kanan pilih float right.
     
  3. Turun ke bawah, masukan kode Adsense ke kotak yang bertuliskan Bottom ad. bagian ini diperlukan untuk pengaturan iklan di bawah artikel. Pilihlah : Alignment: center untuk memposisikanya di tengah-tengah artikel. 
     
  4. Naik ke atas dan carialh seksi Ad placement settings lihat di top ad, pastikan angka yang di beri tanda kota merah adalah 0.
     
  5. Turun ke bawah sedikit dan carilah Bottom ad. pastikan angka yang dikotaki merah adalah 0.
     
  6. Naik ke posisi paling atas, seksi Clobal settings. Bagian ini di gunakan untuk mengatur kemunculan iklan di laman-laman tertentu. Silahkan ikuti pengaturan berut ini:
    Mari saya jelaskan sedikit agar anda memahami tabel ini,  kolom paling kiri adalah nama-nama jenis iklan yang tersedia , misalnya saja tadi kita menggunakan Top dan Bottom ad untuk menaruh kode Adsense kita. Pada baris pling atas adalah jenis-jenis laman di WP, misalnya bila kita ingin iklan top tidak mau muncul di laman Home/Beranda. centanglah kotaknya. Kalau tidak di centang dari pemograman temanya, iklan bisa muncul di ringkasan artikel.
2.2. Penempatan iklan di seksi sidebar
Pemasangan adsense di sidebar caranya sama seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya Hanya saja ada sesuatu yang ingin saya tambahkan.
Kadangkala ada widget iklan yang harus tidak muncul pada laman tertentu agar jumlah iklan tidak menyalahi aturan yang berlaku. kita ambil contoh bila anda menggunakan penempatan iklan laman beranda 1 dan laman artikel 1.  Di sidebar, Pada laman artikel, widget harus hilang 1. kalau anda hanya menggunakan widget text bias, hal ini tidak bisa di atur.
Apabila anda menggunakan plugin Ad Injection seperti yang saya sarankan di atas, plugin ini juga menyertakan sebuah widget, Di dalam widget itu terdapat pengaturan untuk tidak menampilkan widget di suatu jenis halaman tertentu, misalnya di laman artikel.
Caranya hampir sama seperti anda mengopas ke widget text, tapi kali ini ada pengaturan tambahannya, yaitu setelah anda mengopas kode adsense dan menyimpanya, nanti di bagian bawahnya akan muncul beberapa parameter . Silahkan klik tanda tambah dari Exclude this from pagetypes, dan centang jenis halama single.
Dengan demikian widget ini tidak akan tampil kalu di laman artikel atau WP dikenal dengan istilah single post atau single.
3. Penutup
Sedikit lagi sebelum tutup artikel ini. Apabila anda tidak menggunakan plugin Ad Injection, tapi anda memerlukan suatu mekanisme untuk menampilkan / menyembunyikan suatu widget iklan tertentu di suatu halaman tertentu anda dapat menggunakan plugin Jetplack dan mengaktifkan modul widget visibility nya.
Nanti di setiap widget yang anda gunakan akan ada tombol tambahan seperti gambar di bawah ini :
Bila tombol vis visibility di klik, maka akan muncul pilihan seperti gambar di bawah ini :
Kemungkinan lain untuk melakukan pengaturan penayangan widget iklan adalah, bila desain tema anda memiliki dua sidebar yang terpisah untuk beranda dan artikel, seperti gambar berikut di bawah ini, terdapat Main Sidebar fan Proses Sidebar. Anda tetap dapat menggunakan widget text dan memasang jumlah iklan yang ingin di tampilkan di masing-masing sidebar.
Akhirnya selesai juga tutorial ini sekian moga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel tentang - Cara memasang iklan di wordpress. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar