Rz
September 01, 2013

Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook

Meta Description
Kali ini saya akan share sebuah trik untuk Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook. Mungkin trik ini sudah basi dan sudah banyak dishare oleh blogger-blogger lain. Namun karena saya bermaksud sharing pengalaman blogging saya, maka saya share trik ini. Dan trik ini telah saya coba dan berhasil. 
Sebenarnya Blogger telah memberikan tool untuk memberikan deskripsi pada setiap postingan. Namun tool ini tidak bekerja otomatis, pertama kita harus mengaktifkannya dulu dan baru kemudian kita harus secara manual memberikan deskripsi postingan pada setiap kali kita membuat sebuah postingan. Namun deskripsi ini tidak serta merta dapat dibaca Tool Sharing ketika kita akan mensharing artikel ke Google+, Facebook, atau sosial media sharing lainnya. Untuk mengakalinya kita harus menggunakan script pada edit HTML blog kita sehingga Tool Sharing dapat membaca deskripsi postingan yang kita buat. 
Dan ini juga dapat mencegah terjadinya duplikat deskripsi pada Webmaster, sehingga dapat menambah nilai SEO on page blog kita. Dengan begitu postingan atau artikel kita akan kuat di search engine. Kita kembali ke pokok masalah yaitm Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
Langkah Pertama:
Silahkan login ke blog Anda >> Dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Klik "Edit" pada "Description". Nah pada kotak tersebut silahkan ketikan sebuah kalimat yang mendeskrisikan blog Anda. Deskripsi ini berguna untuk memberikan deskripsi homepage. Kemudian silahkan pilih radio button "Yes" pada "Enable search description" yang ada di atas kotak tadi dan terakhir klik "Save changes". Kira-kira seperti gambar di bawah ini.
Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook
Langkah Kedua:
Silahkan masuk ke template >> edit HTML >> Jangan lupa centang kotak kecil pada "Expand Widget Templates" kemudian silahkan copy dan paste kode di bawah ini dan simpan DI BAWAH kode <head>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'><meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/></b:if>
Jika di edit HTML blog Anda sudah ada meta description seperti di bawah ini:
<meta content='Deskrisi blog Anda!' name='description'/>
Silahkan hapus kode meta description tersebut.
Langkah Ketiga:
Nah sekarang tinggal memberikan deskripsi pada postingan. Ketika Anda sedang membuat postingan atau artikel, silahkan lihat pada sebelah kanan dan klik pada "Search Descrition", maka akan terbuka kotak kosong. Nah silahkan isi kotak kosong tersebut dengan deskripsi artikel kita kemudian setelah selesai silahkan klik "Done". Seperti pada gambar di bawah ini:

Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook
Nah sampai di sini Anda sudah selesai memberikan deskripsi pada artikel atau postingan Anda. Sekarang tinggal publish artikel Anda. Setelah itu tinggal Anda sharing artikel Anda di media sosial seperti Google+ dan Facebook. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.
Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook
Demikian saja sharing Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook ini semoga dapat dimengerti dan bermanfaat.
Selamat mencoba... :)
Anda baru saja membaca artikel tentang - Membuat Deskripsi Postingan Agar Bisa Share Di Google+ Dan Facebook. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar