Rz
Juli 25, 2012

Facebook TimeLine Tidak Bisa Dihapus, Jangan Membahayakan Komputer Anda!

Ternyata tidak tidak semua orang menyukai tampilan TimeLine Facebook . Bahkan sejak dirilis versi beta pada September tahun lalu,  Facebook selalu menunda untuk memberlakukanya secara global. Baru pada bulan 15 Desember 2011, Facebook memberlakukannya secara global. Dalam artian setip user diberikan pilihan untuk upgrade profilnya melalui Gate Timeline. Siapa yang tidak suka, tidak usah memilihnya. Padahal pada saat diberlakukan pilihan untuk global tersebut, Facebook telah memaksa (tidak memberikan pilihan) bagi mereka yang pernah mencoba TimeLine versi beta pada awal September 2011 sehingga mereka mengalami perubahan profil ke TimeLIne serca otomatis.
Pada 24 Januari 2012, kembali lagi Facebook memeberitahukan akan meng-update Facebook pada beberapa minggu kedepan. Dalam hitungan tercepat adalah pada akhir Januari 2012. Tetapi kesanya masih saja sama dengan kebijakan pada 15 Desember 2011. Tidak ada perbedaan yang significant. Semua orang diberikan pilihan. Padahal banyak yang sudah terkecoh dan juga was-was, dan terburu-buru melalukan pengaturan privasi.  Tentu hal itu juga termasuk saya, yang menyarakan pengaturan Privasi Facebook sebelum “ditelanjangi”.
Saya sendiri dapat memahami penundaan menyeluruh secara otomatis untuk global user, karena terkait protes dari beberapa hasil survey dan termasuk IPO itu sendiri. Namun apapun pertimbanganya, saya cukup yakin bahwa perubahan otomatis itu tetap akan dilakukan. Entah kapan jika menggunakan istilah “beberapa minggu ke depan”.
Sampai di sini, persoalannya hanya soal menunggu. Namun kemudian muncul beberapa berita mengenai cara “menghapus” tampilan Facebook TimeLine.  Hal ini sepertinya agak berlebihan. Bagaiamana seseorang dapat mengembalikan tampilan Facebook ke tampilan lama secara real ketika dia sudah melakukan Upgrade ke TimeLine. Kejadian ini mirip ketika terjadi perubahan tampilan profil Facebook pada waktu-waktu sebelumnya.  Banyak orang pada saat itu melakukan protes, namun perubahan terus berlanjut.
Kalau menghapus dapat dipastikan tidak mungkin, hanya perubahan tampilan karena peran plugin atau extension yang diinstall pada beberapa browser. Itupun hanya dilihat secara pribadi, yaitu bagi mereka yang telah menambahkan plugin atau extension tersebut. Sedangkan orang lain, teman atau siapa saja akan tetap melihat tampilan profil Facebook mereka sesuai perubahan yang baru.
Jadi, istilah menghapus TimeLine seperti yang diberitakan beberap media kemarin dan beberapa lagi pada awal TimeLine dirilis bukan berarti merubah tampilan profil Facebook secara permanent dan real tetapi hanya untuk menyenangkan “mata” bagi mereka yang tidak menyukai tanpilan yang baru. Sedangkan tampilan mereka sebenarnya tetap tidak mengalami perubahan.
Dengan demikian, sekiranya pengguna Facebook tidak terlena dengan plugin atau extension tersebut kemudian lupa akan pengaturan pengaturan privasi Facebook agar tidak mudah ditelusuri pengguna lain ketika TimeLine berubah.
Sebenarnya tanpa TimeLine pun saya pernah penulis tentang salah satu situs yang dapat melihat kembali dengan mudah konten lama pengguna. Baik itu pengguna yang telah melakukan update ke tampilan Timeline maupun mereka yang belum melakukanya.
Mungkin masing-masing orang akan berbeda menilai dan menyikapi soal privasi konten lama atau kronologisnya selama menggunakan Facebook. Tetapi bagi yang merasa “risih” dan menjaga benar privasinya, tentu akan melakukan pengaturan privasi secara baik.
Semua kembali pada kita masing-masing, dan setiap orang memiliki hak untuk menentukanya. Namun sekali lagi, ketika anda telah merubah tampilan Profil Facebook pada tampilan baru. Tidak ada cara untuk menghapus atau mengembalikannya ke tampilan lama.
Perlu diperhatikan juga, jangan salah menginstall plugin maupun extension dari situs-situs yang menjanjikan untuk mengahpus TimeLine, kesalahan yang anda lakukan akan berakibat fatal pada kinereja browser anda atau bahkan terinfeksi malware, virus bahkan spyware. Jadi berhati-hatilah.
Anda baru saja membaca artikel tentang - Facebook TimeLine Tidak Bisa Dihapus, Jangan Membahayakan Komputer Anda!. Silahkan baca artikel berikutnya Tentang - Next - Jangan lupa g+1 / fb / twit :)

Artikel Terkait

Buka Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar